Minggu, 01 Mei 2011

SB - 1 - Pengertian dari ruang lingkup bisnis


PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP BISNIS 
Pengertian Bisnis (perusahaan) :
Suatu badan hukum yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan pelanggan.

A.        Pemegang Kepentingan Utama (stakeholders) Dalam Bisnis


1.       Pemilik (wiraswasta/entrepreneurs) :
Orang yang mengorganisasi, mengelola dan siap mengambil resiko.
§  Saham : Sertifikat kepemilikan suatu perusahaan
§  Pemegang saham : Investor yang ingin menjadi pemilik sebagian dari perusahaan.
2.       Kreditor :
Institusi keuangan atau individu yang memberikan pinjaman.
3.       Karyawan / Manager

4.       Pemasok

5.       Pelanggan

 

B.        Pengaruh Teknologi Dalam Menciptakan Bisnis


Teknologi              :     Pengetahuan/alat yang dipergunakan untuk menghasilkan barang dan jasa.
Teknologi Informasi : Teknologi yang bisa mendapatkan informasi untuk dipergunakan dalam menghasilkan barang dan jasa. Contohnya : bisnis elektronik (e-business) atau komersial elektronik (e-commerce).

Pengaruhnya ???

C.        Fungsi yang Terlibat Dalam Operasi Bisnis
§   Manajemen : Bgm karyawan dan sumber daya lainnya digunakan oleh perusahaan.
ü  Perlengkapan mesin apa yang diperlukan?
ü  Brp kebutuhan karyawan?
ü  Bgm memotiviasi karyawan?
§   Pemasaran : Bgm produk dikembangkan, diberi harga, didistribusikan dan dipromosikan kepada pelanggan.
ü  Brp harga yang harus dikalkulasikan untuk produk?
ü  Perlukah iklan atau tidak?
§   Keuangan                  :     Bgm prs mendapatkan dana dan menggunakannya.
ü  Perlukah meminjam dana?
ü  Haruskah menjual saham?
§   Akuntansi : Ringkasan dan analisis dari keuangan prs.
§   Sistem informasi : TI, masy., dan prosedur.


D.        Rencana Untuk Memulai Suatu Bisnis

Rencana Bisnis : Suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk didalamnya deskripsi bisnis, jenis pelanggan, persaingan dan fasilitas.
Langkah-langkah Merencanakan Bisnis :
1.     Putuskan untuk mendirikan bisnis
2.     Analisis Kekuatan dan kelemahan anda
3.     Pilihlah sebuah produk atau jasa
4.     Laksanakan riset pasar
5.     Taksir bagian pasar yang potensial
6.     Pilih lokasi perusahaan
7.     Siapkan rencana keuangan
8.     Siapkan rencana produksi
9.     Siapkan rencana manajemen
10.     Siapkan rencana pemasaran
11.     Pinjam dana untuk memulai

0 komentar: