ETIKA BISNIS DAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL
ETIKA BISNIS
§ Etika = Moral :
ü Nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku
ü Kumpulan asas atau nilai moral (kode etik)
ü Ilmu tentang yang baik atau buruk.
§ Etika Bisnis :
ü Rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis.
§ Contoh Keputusan Bisnis yang Tidak Etis :
ü Seorang manajer perusahaan cenderung menghindari membayar beberapa karyawan untuk bekerja beberapa jam sehingga ia dapat mengurangi pengeluaran dan mungkin dapat bonus lebih tinggi karena dapat menekan pengeluaran.
§ Contoh Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Etika :
ü Komputer sering digunakan untuk main game, facebook, pembajakan perangkat lunak, menggunakan email atas kepentingan pribadi.
TANGGUNGJAWAB SOSIAL
§ Suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat.
§ Tanggungjawab Perusahaan Kepada Pelanggan :
ü Tanggungjawab terhadap produksi : Memp. Label peringatan akan adanya efek samping.
ü Tanggungjawab terhadap penjualan : Apakah produknya sudah sesuai dengan yang promosi ?
Ø Cara Perusahaan Menjamin Tanggungjawab Kepada Pelanggan :
o Ciptakan kode etik : Memberi serangkaian petunjuk untuk kualitas produk
o Pantaulah keluhan pelanggan : Hubungi pelanggan untuk menanyakan keluhan mengenai kualitas produk.
o Umpan balik pelanggan : Mengirim kuesioner untuk menentukan bagaimana mereka dilayani oleh karyawan.
Ø Cara Pemerintah Menjamin Tanggungjawab Terhadap Pelanggan :
o Mengeluarkan peraturan tentang keamanan produk
o Peraturan tentang periklanan
o Peraturan mengenai kompetisi industri
Contoh : Peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah AS “Celeer Kefauver Act (1950), yang melarang merger antara perusahaan yang mengurangi persaingan dalam suatu industri.
§ Tanggungjawab Perusahaan Kepada Karyawan
ü Rasa aman para karyawan : Selalu memonitor proses produksi, mengecek mesin dan peralatan
ü Perlakuan layak oleh karyawan lain : Memberikan seminar tentang perilaku yang baik, perlindungan terhadap pelecehan seksual, dsb.
ü Memberikan kesempatan yang sama : Melaksanakan program tindakan afirmatif (kegiatan yang ditunjukkan untuk menaikkan kesempatan kpd minoritas dan wanita).
Ø Cara Perusahaan Meyakinkan Tanggungjawab Kepada para Karyawan :
o Menciptakan prosedur keluhan untuk karyawan yang merasa tidak diberi kesempatan yang sama.
o Contoh yang dilakukan oleh Marriot menangani keluhan karyawan:
q Menciptakan proses mediasi
q Memberi nomor telpon bebas pulsa
q Memperbolehkan karyawan menyuarakan keluhannya di depan panel.
§ Tanggungjawab Perusahaan Kepada Pemegang Saham
ü Berusaha meningkatkan permofmance dan laba perusahaan.
ü Meringkas informasi terpenting, seperti tingkat harga saham dan deviden yang terakhir, yang dapat diakses melalui situs khusus.
§ Tanggungjawab Perusahaan Kepada Para Kreditor
ü Memenuhi obligasi keuangan mereka keapda para kreditor
§ Tanggungjawab Perusahaan Kepada Lingkungan
ü Mencegah polusi udara : Mengembangkan janji lingkungan (Pemerintah : memaksakan pembatasan jumlah CO2 yang disebabkan oleh proses produksi)
ü Mencegah polusi tanah : Mendaur ulang plastik
§ Tanggungjawab Perusahaan Kepada Komunitas
ü Mensponsori event lokal
ü Memberikan donasi kepada kelompok sosial lokal, universitas.
ü Memberikan kredit kepada masyarakat
BIAYA UNTUK MEMENUHI TANGGUNGJAWAB SOSIAL | |
Tanggungjawab Kepada : | Biaya Timbul sebagai Akibat dari : |
Pelanggan | · Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan. · Melakukan survei untuk mengetahui kepuasan pelanggan. · Gugatan hukum oleh pelanggan. |
Karyawan | · Menciptakan program menerima dan memecahkan keluhan. · Melakukan survei untuk mengetahui kepuasan karyawan. · Gugatan hukum oleh karyawan. |
Pemegang Saham | · Mengumumkan informasi keuangan secara periodik. · Gugatan hukum oleh pemegang saham. |
Lingkungan | · Memenuhi regulasi pemerintah akan lingkungan. · Memenuhi janji akan petunjuk lingkungan yang dibuat perusahaan. |
0 komentar:
Posting Komentar