C. FALSAFAH MANAJEMEN PEMASARAN
Minggu, 01 Mei 2011
SB - 8 - Pemasaran
PEMASARAN
A. PENGERTIAN DAN KONSEP INTI PEMASARAN
Pengertian Pemasaran :
§ Suatu kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
§ Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
Konsep Inti Pemasaran :
Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan :
§ Kebutuhan : suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu.
§ Keinginan : kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang.
§ Permintaan : keinginan terhadap produk atau jasa tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membeli produk atau jasa.
Produk :
§ Segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan.
Nilai, Biaya dan Kepuasan :
§ Nilai : perkiraan konsumen akan kapasitas keseluruhan produk untuk memenuhi kebutuhannya.
Pertukaran, Transaksi dan Hubungan :
§ Pertukaran : perbuatan untuk mendapatkan produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Kondisi terjadinya pertukaran ;
ü Paling tidak terdapat dua pihak
ü Masing-masing memp. Sesuatu yang mungkin bernilai bagi pihak lain.
ü Masing-masing mampu berkomunikasi
ü Bebas menolak dan menerima
ü Masing-masing pihak saling menginginkan
§ Transaksi : satuan dasar pertukaran. Dimensinya;
ü Kondisi yang disepakati
ü Waktu dan tempat kesepakatan
Pasar :
§ Pelanggan potensial dengan kebutuhan dan keinginan tertentu yang mungkin mau dan mampu untuk ambil bagian dalam jual beli untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan.
§ Pasar berdasarkan pengelompokkan pelanggan : pasar kebutuhan, pasar demografis, pasar produk, pasar geografis.
§ Sistem Pemasaran yang Sederhana.
Pemasaran dan Pemasar :
§ Pemasaran : Proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai satu sama lain.
§ Pemasar : Orang yang mencari sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu.
B. PENGERTIAN DAN TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN
§ Manajemen Pemasaran : Proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan, pemberian harga, promosi dan distribusi dari barang-barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.
§ Manajemen pemasaran bertugas mempengaruhi tingkat, waktu dan komposisi permintaan untuk membantu perusahaan mencapai sasarannya.
Keadaan permintaan dan Tugas Pasar :
1. Permintaan negatif (negatif demand) : sebagian besar pasar tidak menyukai produk.
2. Tidak ada permintaan (no demand) : konsumen tidak tertarik terhadap produk yang ditawarkan.
3. Permintaan terpendam (latent demand) : adanya hasrat yang kuat, namun tidak dapat dipuaskan oleh produk yang ada.
4. Permintaan yang menurun (falling demand) : menurunnya permintaan terhadap produk.
5. Permintaan yang tidak teratur (irregular demand) : permintaan berubah-ubah menurut musim, hari, dsb.
6. Permintaan penuh (full demand).
7. Permintaan yang berlebihan (overfull demand)
8. Permintaan yang tidak sehat (unwholesome demand).
Ada 5 konsep dalam melakukan pemasaran :
§ Konsep produksi : bhw konsumen akan memilih produk yang mudah didapat dan murah harganya. Manager yang berwawasan produksi, memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksi serta distribusi yang luas.
§ Konsep produk : bhw konsumen memilih produk yang menawarkan mutu dan inovatif. Manager memusatkan perhatiannya untuk membuat produk yang berkualitas.
§ Konsep penjualan : bhw kalau konsumen dibiarkan saja, konsumen tidak akan membeli produk dalam jumlah besar. Manajer harus melakukan usaha penjualan dan promosi.
§ Konsep pemasaran : bhw kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang di inginkan secara efektif dan efisien dari pesaingnya.
Dampak jika tidak menganut konsep pemasaran :
ü Menurunnya penjualan
ü Lambatnya pertumbuhan
ü Berubahnya pola pembelian
ü Bertambahnya saingan
ü Meningkatnya pengeluaran pemasaran
§ Konsep pemasaran kemasyarakatan : bhw tugas perusahaan menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat. Fokus perhatiannya;
ü Keuntungan perusahaan
ü Kepuasan pelanggan
ü Kepentingan umum
D. BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
§ Kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama yang lain.
§ Marketing mix, sering disebut sebagai konsep 4 P, yaitu :
ü Produk (product) : barang dan jasa yang dapat ditawarkan di pasar.
ü Harga (price) : sejumlah kompensasi (uang) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang dan jasa.
ü Saluran distribusi (place) : saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk sampai ke komsumen.
ü Promosi (promotion) : suatu kegiatan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.
E. TUJUAN SISTEM PEMASARAN
§ Memaksimalkan konsumsi
§ Memaksimalkan kepuasan konsumen
§ Memaksimalkan pilihan
§ Memaksimalkan kualitas hidup.
Diposting oleh Henny di 07.04
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar