Minggu, 01 Mei 2011

SB - 7 - Lingkungan Global


LINGKUNGAN GLOBAL

MOTIF PERUSAHAAN BERKECIMPUNG DLM BISNIS INTERNASIONAL
§  Menarik permintaan asing
§  Kapitalisasi pada teknologi
§  Penggunaan sumber daya yang murah
§  Diversifikasi internasional

Menarik Permintaan Asing :
ü  Oleh karenanya adanya persaingan dalam negeri atau menurunkan permintaan, perusahaan mempertimbangkan pasar asing (potensial).
ü  Contoh; Avon Product membuka cabang di 26 negara, McDonald’s terdapat di lebih dari 80 negara, dsb.

Kapitalisasi pada Teknologi :
ü  Mendirikan bisnis baru di negara kurang maju, yang relatif berteknologi rendah.
ü  Contoh; Amazon.com mengkapitalisasikan keunggulan teknologinya dengan melakukan perluasan di negara asing yang berteknologi kurang maju.

Penggunaan Sumber Daya Murah :
ü  Membangun perusahaan (fasilitas produksi) di negara yang memiliki harga tanah, biaya tenaga kerja.

Diversifikasi Internasional :
ü  Jika perusahaan hanya memfokuskan pada penjualan produk di negara tertentu, keuntungan yang diperoleh tidak stabil. ----- Menjual produk di berbagai negara.

CARA PERUSAHAAN MENJALANKAN BISNIS INTERNASIONAL
§   Impor
§   Ekspor
§   Investasi asing langsung
§   Aliansi strategis

Impor :
ü  Pembelian barang atau jasa asing.
ü  Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat import adalah berbagai peraturan pemerintah, misalnya :
o    Tarif pajak
o    Kuota, yang membatasi jumlah produk yang dapat di impor.

 
Hambatan perdagangan cenderung menahan perdagangan dan melindungi industri dalam negeri dari persaingan asing.
Contoh penghapusan hambatan perdagangan, Nort American Free Trade Agreement (NAFTA)—1993.

Ekspor :
ü  Penjualan barang dan jasa kepada pembeli yang berdomisili di negara lain.
ü  Contoh perusahaan yang menggunakan jasa ekspor sebagai cara menjual produk ke negara lain; Kodak, Intel, DuPont, dsb.

Investasi Asing Langsung (Direct Foreign Investment---FDI) :
ü  Sebagai alat mendapatkan atau membangun anak perusahaan pada satu atau lebih negara asing.
ü  Misalnya; Ford Motor Company memiliki fasilitas di berbagai negara yang memproduksi mobil dan menjualnya di lokasi tersebut.
ü  Investasi asing langsung layak dilaksanakan dalam kondisi berikut;
o    Persh yang sudah berhasil mengekspor ke negara asing, bermaksud menghembat biaya transportasi.
o    Perush yang sudah mampu mengekspor, namun pemerintah asing akan menerapkan hambatan perdagangan.
o    Negara asing sangat membutuhkan teknologi maju dan menawarkan insentif.
o    Jika dapat mengurangi biaya tenaga kerja (operasional).

Aliansi Strategis :
ü  Kesempatan bisnis untuk mencapai kepentingan terbaik dari perusahaan yang terlibat.
ü  Bentuk-bentuk aliansi, antara lain;
o    Usaha patungan (joint venture), yaitu kesepakatan antara dua perusahaan mengenai proyek tertentu.
o    Kesepakatan lisensi internasional (international licensing agreement), dimana perusahaan mengizinkan perusahaan asing (pemegang lisensi—licensee) untuk memproduksi produk.


KARAKTERISTIK ASING DLM MEMP. BISNIS INTERNASIONAL
§   Budaya
§   Sistem Ekonomi
§   Kondisi Ekonomi
§   Nilai Tukar
§   Resiko Politik




































0 komentar: